Mobile Menu

navigasi

More News

Kemendikbudristek dan LPDP Meluncurkan Beasiswa Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia (IISMA)

Mei 11, 2021

Kampus Merdeka - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) meluncurkan Beasiswa Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia (IISMA).


Beasiswa tersebut untuk mahasiswa tingkat sarjana (S1) untuk belajar selama satu semester di perguruan tinggi termuka di dunia, yang menjadi mitra Kemendikbudristek untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan, dalam kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan minat dan cita-cita. 


Program beasiswa ini akan di danai oleh lembaga Pengembangan Dana Pendidikan (LPDP). 


" Menuntut ilmu di berbagai lingkungan belajar telag membentuk, saya secara intelektual maupun karakter. Jika kita ingin para mahasiswa mempertajam pemikiran dan mengejar mimpi-mimpi mereka. Kita harus mentrasformasi sistem pendidikan tinggi agar lebih relavan dengan dunia di luar kampus " Kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, disampaikan secara daring acara peluncuran Indonesian International Student Mobility Awards dikanal youtube channel Kemendikbud RI,  Selasa (11/5/2021) 


Kemudian, Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek Nizam mengatakan bahwa di dalam pertukaran mahasiswa untuk belajar di luar negri guna dapat memperkaya mereka dengan pengalaman, serta membangun kepercayaan diri, dan memupuk persahabatan Internasional.


" Ini yang kita kenal dengan kebinekaan global di profil pelajar Pancasila " Ujar Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek Nizam.


Beasiswa IISMA merupakan program unggulan dari delapan program kampus merdeka, yang bertujuan untuk memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan pengembangan diri di luar kampusnya pada perguruan tinggi terbaik di luar negri


Dalam kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) akan memberikan dampak positif bagi mahasiswa dan perguruan tinggi di Indonesia. Mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan yang relevan dengan dunia kerja. dimana hal tersebut, dapat belajar dari praktik terbaik di industri, organisasi kemanusiaan, dan institusi penelitian kelas dunia. 


Di dalam program IISMA membuka kesempatan untuk mahasiswa seluruh Indonesia untuk dapat mengambil mata kuliah di luar prodi, yang dapat disetarakan hingga 20 sks. 


" Dengan program beasiswa ini, mahasiswa yang memenuhi syarat terlepas dari latar belakang dan asal perguruan tinggi. akan mendapatkan kredit dari perguruan tinggi luar negri yang menjadi mitra mahasiswa difasilitasii untuk meraih capaian pembelajaran sesuai minat dan bakatnya, sehingga setelah lulus program sarjana dapat bersaing dalam lapangan pekerjaan hingga ke tingkat global " Jelas Menteri Nadiem.


Lanjut, Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek Nizam hal ini merupakan salah satu fokus untuk mendorong mahasiswa untuk mengalami pembelajaran dan mendapatkan pengetahuan serta keterampilan di luar kampus


" Mahasiswa dapat mengejar mimpi dan minat mereka melalui berbagai kuliah, mendapatkan pengetahuan dari perguruan tinggi termuka di dunia. mengembangkan kemahiran lintas budaya, mengembangkan jejaring Internasional, serta mempersiapkan diri untuk dunia kerja dan pekerjaan yang mungkin belum diciptakan di masa depan " Jelas Nizam.


Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dan mahasiswa yang tertarik dapat mengakses ke laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ atau https://beasiswa.kemdikbud.go.id/ ( Foto : Layar Tangkap Kanal Youtube Channel Kemendikbud RI | Penulis : Antania)

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar