Mobile Menu

navigasi

More News

Pehimpunan Pendidikan dan Guru : Lambatnya Vaksinasi Bagi Pendidik Dan Tenaga Pendidikan Akan Sulit Untuk Melaksanakan PTM di Awal Juli 2021

Juni 04, 2021


Kampus Merdeka - Lambatnya vaksinasi bagi pendidik dan tenaga pendidikan akan sulit dipaksakan untuk melaksanakan secara serentak pembelajaran tatap muka terbatas, hal ini dikatakan langsung oleh Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G).


Jika sekolah dipaksa dibuka secara serentak di pertengahan Juli 2021, P2G khawatir akan nantinya angka Covid-19 di Indonesia tinggi, serta akan munculnya Covid-19 varian baru, dan angka positif di daerah akan meningkat berada di atas 10%.


" Tentu opsi memaksa membuka sekolah akan mengancan nyawa, keselamatan, dan masa depan siswa termasuk guru dan keluarganya " Kata Koordinator Nasional P2G, Satriawan Salim di Jakarta, Jum'at (6/5/2021), dikutip dari laman antaranews.


Satriawan menyebutkan bahwa ada dua indikator mutlak sekolah bisa dapat memulai PTM di awal tahun ajaran baru yakni di bulan Juli 2021


Indikator yang pertama yaitu tuntasnya vakasinasi untuk guru dan tenaga pendidikan, kedua sekolah sudah memenuhi semua daftar periksa kesiapan sekolah tatap muka yang berisi 11 item.


Proses vaksinasi untuk guru dan tenga kependidik Mendikbudristek Nadiem Makarim menargetkan bahwa selesainya vaksinasi tersebut di bulan Juni 2021 bagi 5.5 Juta pendidik, dan tendik, ternyata untuk saat ini awal bulan Juni baru sekitar satu guru yang disuntik vaksinasi Covid-19.


" Kami dari awal mendapatkan laporan dari jaringan P2G Daerah, vaksinasi guru tendik memang lambat di daerah-daerah. Kami meminta kementerian terkait bergerak cepat " Ucapnya.


Kemudian jumlah sekolah yang mengisi daftar periksa kesiapan sekolah PTM  ditanggal 4 Juni 2021 baru 54.36%.


Daftar periksa yang dilansir dari antaranews, harus sudah dipenuhi sekolah seperti halnya ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan, ketersediaan fasilitas kesehatan, pemetaan warga satuan pendidikan misalnya seperti memiliki komorbid.


P2G berharap kepada Mendikbudristek agar sekolah yang harus dibuka bulan Juli 2021 mendatang sudah memenuhi persayaratan-persayaratan yang berlaku atau hanya berlaku kepada pelaksanaan vaksinasi guru selesai serta diberikan asesmen kelayakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda). 


(Sumber : Antaranews | Foto : Ilustrasi PTM/ Detik.com, Edi Wahyono)

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar