Mobile Menu

navigasi

More News

Sekjen DPR RI Menggelar Program Magang Bersertifikat, " Magang Rumah Rakyat DPR RI "

Juni 14, 2021



Kampus Merdeka
- Sekretariat Jenderal DPR RI merupakan salah satu lembaga yang menjadi mitra dari program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek turut andil dalam meningkatkan relevansi lulusan program sarjana melalui program magang bersertifikat - kampus merdeka di 'magang rumah rakyat'. 

Program ini digelar pada tanggal 23 Agustus 2021 hingga 31 Januari 2022, dengan masa pendaftaran dimulai dari tanggal 10 Juni hingga 30 Juli 2021. 

Melansir dari laman dpr.go.id, peserta magang akan belajar mengenai bisnis proses dalam pelaksanaan ketiga fungsi DPR RI. Fungsi tersebut diantaranya: legislasi; pengawasan; dan anggaran dalam kerangka representasi rakyat, serta melaksanakan fungsi deplomasi parlemen. 

Dalam program ini, harapannya akan memberikan dampak positif baik bagi peserta magang, perguruan tinggi, Setjen, dan DPR RI. 

Program 'magang di rumah rakyat DPR RI' para mahasiswa akan menjalani perkuliahan dari para narasumber yang berkompeten dibidangnya mengenai ketatanegaraan serta kerumah tanggaan DPR RI dari para pimpinan di Setjen DPR RI sebagai dasar pemahaman. 

Kemudian, para peserta mahasiswa magang untuk mengikuti program ini akan melakukan 6 mekanisme pembalajaran seperti; kuliah umum, audiensi, observasi, magang, simulasi, dan evaluasi. 

Selama satu semester, para peserta mahasiswa magang akan mengikuti proses dan segala macam 
aktivitas yang akan dipandu oleh pendamping (mentor) internal DPR yang ada didalam unit tersebut. 

Untuk terpilihnya akan mendapatkan kurikulum pembelajaran selama program magang, dengan capaian pembelajaran yang akan dikonversikan ke dalam SKS (Satuan Kredit Semester) kurikulum masing-masing kampus asal mahasiswa

Kegiatan yang mempelajari business process Setjan DPR RI, membutuhkan 55 mahasiswa magang yang akan menempati parliamanent Trainee

Kemudian di bidang progarammer/developer, website designer, mobile programmer, dan data analisis mahasiswa magang akan melakukan kajian dan analisis untuk perancangan sistem terintegrasi satu data DPR RI berdasarkan proses bisnis yang ada dan aplikasi-aplikasi unit yang sudah ada. 

Dalam bidang tersebut, peserta mahasiswa magang akan mendapatkan kesempatan untuk mengekplorasi sumber data dari unit yang ada dan aplikasi yang selama ini digunakan oleh masing-masing unit untuk berbagai keperluan, dan juga didampingi langsung oleh mentor profesional berprofil tinggi di lingkungan Setjen DPR RI. 

(Sumber : DPR RI | Foto : Sekjen DPR RI, Indra Iskandar saat membuka seminar rencana startegis setjen dan BK DPR RI/ Gerladi/rni)

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar