Mobile Menu

navigasi

More News

Pembukaan FRI, Presiden Jokowi : Kembangkan Inovasi Dunia Pendidikan Di Tengah Pandemi Covid-19

Juli 27, 2021


Kampus Merdeka -
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka konferensi forum rektor Indonesia (FRI), pada Selasa (27/7/2021).


Pada pembukaan tersebut, Jokowi mengatakan di tengah pandemi Covid-19 berdampak besar pada sejumlah sektor kehidupan, terutama dalam dunia pendidikan


Proses pembejalan saat ini dilakukan dengan pembatasan interaksi dan pertemuan fisik. disisi lain, juga menjadi sebuah ujian  bagi ketangguhan bangsa, dimana bangsa Indonesia harus mampu menghadapi tekanan di segala bidang, termasuk ketangguhan di dunia pendidikan Indonesia,


" Kita memang harus berjuang membebaskan rakyat Indonesia dari ancaman Covid-19. Tetapi, masih banyak langkah-langkah inovatif yang muncul, karena pandemi ini kita harus semakin mengembangkannya " Kata Jokowi, dikutip dari laman resmi setkab, Selasa (27/7/2021).


Lanjut Jokowi, di tengah pandemi saat ini rangkaian serial disrupsi dan menambah disrupsi yang sebelumnya dipicu revolusi industri 4.0.


Perubahan ini meliputi teknologi` cloud computing, internet of things, artificial intelligence, big data analytics, advanced robotics, hingga virtual reality yang telah membawa di semua bidang.


Terkait hal tersebut, Jokowi memandang dalam lembaga pendidikan tinggi mau tidak mau harus memperkuat posisinya sebagai edutech institutions. 


Dalam pembelajaran digital bukan hanya digunakan untuk memfasilitasi pengajaran oleh dosen di intenal kampus. melainkan, mmfasilitasi mahasiswa untuk belajar kepada siapa pun, dimana pun, dan tentang apapun. 


Pembelajaran dari para praktsisi, termasuk pelaku industri, hal ini sangat penting untuk difasilitasi.


" Kurikulum harus memberikan bobot SKS yang jauh besar bagi mahasiswa untuk belajar dari praktisi dan Industri " Ujar Jokowi


Kemudian Jokowi menambahkan, eksposur mahasiswa dan dosen kepada industri teknologi masa depan ditingkatkan, Sebab, pengajar dan mentor dari pelaku industri, magang mahasiswa ke dunia industri, dna bahkan industri sebagai tenant di dalam kampus di tingkatkan. 


" Termasuk organisasi praktisi lainnya harus di ajak kolaborasi " Tambahan Jokowi


Selain itu, Jokowi memandang bahwa lembaga pendidikan tinggi harus bekerja untuk kemanusiaan dan kemajuan bangsa, memechkan masalah-masalah sosial dengan ilmu pengetahuan dna teknologi dengan inovasi secara berkelanjutan.


" Kampus merdeka dan merdeka belajar adalah salah satu instrumen penting. untuk itu mahasiswa bisa belajar kepada siapa saja, di mana saja yang dirasa sangat penting untuk mempersiapkan masa depan mereka dan masa depan bangsa. Mahasiswa harus di update dengan perkembangan terkini dan perkembangan ke depan " Tutupnya


( Foto : Tangkap Layar Di Kanal Youtube Channel / Sekretariat Kabinet RI)


Tags : Pendidikan Swasta, Beasiswa Intenasional, PTM Terbatas

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar