Mobile Menu

navigasi

More News

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Meminta Membuka Izin Praktik Mahasiswa Kedokteran Tingkat Akhir Untuk Membantu Penanganan Covid-19

Juli 11, 2021



Kampus Merdeka - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena meminta izin praktik untuk mahasiswa fakultas kedokteran untuk membantu penanganan Covid-19. 


" Mereka (Mahasiswa Kedokteran) yang belum memiliki surat izin untuk berparktik itu perlu dipermudah agar bisa segera bekerja membantu pelayanan Covid-19 maupun non-covid " Kata Emanuel dilansir dari laman parlementaria.


Kemudian Emanuel mendorong mahasiswa tingkat akhir dibidang kedokteran, dan harus dipersiapkan dan dilatih kemampuannya untuk menangani pasien Covid-19 sehingga ketika lulus nanti, mereka sudah terbiasa menangani pasien.


" Meski belum lulus, mereka perlu dipersiapkan untuk mulai terjun dalam penanganan Covid-19 dan pelayanan kesehatan lain " Ungkapnya. 


Keterbatasan tenaga kesehatan di kondisi pandemi saat ini perlu di perhatikan serius oleh pemerintah, karena tenaga medis butuh formula yang tepat, sehingga para tenaga kesehat yang bertugas tidak kewalahan menangani pasien Covid-19.


" Kita mesti memikirkan sebuah pola yang lebih bisa bergerak baik dilapangan. Bagaimana tenaga kesehatan yang ada itu bisa semuanya dikerahkan, dalam istilah kami itu adalah pengerahan kekuatan tenaga kesehatan semesta " Ujarnya.


Politik fraksi partai golkar ini meminta kepada pemerintah untuk menyusun konsep yang dimana menjadikan masyarakat sebagai tenaga kesehatan untuk mengurangi beban fasilitas layanan kesehatan. 


" Kami mendorong pemerintah merumuskan secara sederhana bagaimana rakyat Indonesia pada kesempatan pertama menjadi kelompok pertama yang bisa menangani merawat pasien Covid-19 " Tututnya. 


Situasi Indonesia saat ini tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19, Emanuel menghimbau kepada semua pihak harus memberikan optimisme dalam memberikan penanganan pertama kepada pasien yang terpapar virus Covid-19, misalnya melalui telemedicine kepada pasien tanpa gejala sehingga dapat tertangani dengan baik.


(Gambar : Fakultas Kedokteran UHAMKA/Kanal Youtube PMB UHAMKA)


Tags : Anggota Komisi X DPR RI, Pendidikan VokasiProgram Magang Bersertifikat

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar