Mobile Menu

navigasi

More News

Mengapa sering timbul gangguan makan pada remaja?

Agustus 27, 2021

Tahukah kamu Kenapa sering terjadi gangguan makanan dan bagaimana penyebab munculnya gangguan makanan tersebut terjadi pada remaja? para remaja seringkali menggunakan sosial media Dengan frekuensi yang cukup lama. beberapa informasi terpapar tentang stereotip badan ideal yaitu kurus tinggi dan langsing membuat banyak remaja sangat takut untuk menjadi gemuk. Hal tersebut mengakibatkan gangguan makan atau eating Disorder pada remaja sering terjadi. Lalu Bagaimana cara mengatasi Binge Eating Disorder (BED), Beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan makan diantaranya adalah:   (1) Mencari dan mengetahui pemicu BED Anda, (2) Berlatih untuk menahan nafsu makan yang berlebih, (2) Cari seseorang untuk diajak bicara untuk mendapatkan dukungan (3) Pilih makanan sehat, (4) Olahraga teratur, (5) Tidur yang cukup.

Dalam direktori penyakit, gangguan makan yang paling sering ditemui di sekitaran kita, diantaranya adalah anoreksia atau istilah medisnya adalah anoreksia nervosa, di mana gangguan makanan dapat ditandai dengan kondisi seseorang pada saat makan mengalami kesulitan dan dan makan lebih sedikit daripada yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Gangguan makan merupakan salah satu penyakit mental yang dapat mempengaruhi kemampuan tubuh seseorang untuk memperoleh nutrisi yang dibutuhkan. pada jangka panjangnya hal tersebut dapat membahayakan kondisi kesehatan jantung, kesehatan pencernaan, tulang gigi, mulut, dan dapat memicu penyakit kronis lainnya. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh sains direct, gangguan makanan seperti bulimia sangat sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. hal tersebut disebabkan oleh karena wanita lebih sering menerapkan diet ketat guna mengontrol berat badannya. Jika dilakukan diet yang berlebihan dapat mengakibatkan kesehatan mental yang cukup kronis. pada kasus tertentu gangguan makanan atau eating Disorder dapat menyebabkan gangguan kesehatan bahkan terdapat beberapa kasus yang menyebabkan kematian. gangguan makanan adalah sebuah serangkaian kondisi psikologis yang dapat menyebabkan terjadinya kebiasaan makan yang tidak sehat.

Pada dasarnya eating Disorder termasuk anoreksia dapat disembuhkan secara total berdasarkan hasil penelitian para peneliti eating disorder. penyakit psikologis ini muncul pada seseorang ketika mereka merasa kurang percaya diri. Seringkali masyarakat awam menganggap bahwa wa gangguan makanan merupakan sebuah keadaan seseorang terlalu banyak memilih makanan tertentu saja. namun pada kenyataannya seseorang tersebut membatasi jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh misalnya hanya daging saja tanpa mengkonsumsi jenis makanan lainnya. 

Lalu apa penyebab nafsu makan sebagai gejala penyakit? salah satu yang menyebabkan nafsu makan berkurang terjadi pada seseorang adalah infeksi bakteri atau virus, Misalnya saja ia mengalami pilek dan flu, infeksi pernapasan, asam lambung, gangguan pencernaan, alergi, sakit perut, keracunan makanan, hingga mengalami sembelit.

Beberapa orang yang mengalami gangguan mental dalam hal gangguan makanan kebanyakan dialami karena mengalami depresi. Depresi adalah sebuah gangguan suasana hati yang dapat menyebabkan penderitanya terus-menerus merasakan kesedihan.  Ketika seseorang mengalami hal tersebut  kan dapat mempengaruhi perilaku makan seseorang seringkali mereka mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebih atau kebalikan tidak sama sekali mengkonsumsi makanan tertentu.

Lalu apa saja ciri-cirinya orang yang mengalami gangguan makanan?  Salah satu ciri orang yang mengalami gangguan makanan atau anoreksia nervosa ditandai dengan berat badan yang sangat rendah serta diikuti oleh rasa takut yang berlebihan pada kenaikan berat badan dengan persepsi salah terhadap berat badan yang saat ini mereka miliki.

Diduga  hal-hal yang menyebabkan gangguan makanan,  diantaranya adalah faktor genetik, faktor psikologis, pola hidup, depresi Mayor, gangguan cemas dan mood, gangguan obsesif-kompulsif, dan gangguan post traumatic. Salah satu cara mengatasi gangguan gangguan tersebut adalah dengan kembali melakukan rutinitas yang sehat, termasuk berolahraga, mengkonsumsi makanan yang bergizi, melakukan aktivitas yang sangat menyenangkan.


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar